Perbedaan Verba Saber dan Poder dalam bahasa Spanyol

Suatu hari di taksi, sambil melihat sebuah papan iklan komestik di pinggir jalan, suamiku berkomentar: “¿Sus pestañas son reales?” (Itu bulu matanya beneran?) tanyanya sambil menunjuk ke arah model yang ada di papan iklan. “No. Creo que son extensiones,” (Nggak. Kayaknya itu bulu mata palsu) jawabku singkat tanpa pikir panjang. “Y yo, no puedo maquillarme…

Whatsapp Group

Photo by Christian Wiediger on Unsplash Orang-orang di grup Whatsapp itu …. Ada yang suka kirim hoax (berita bohong) atau pesan berantai dengan embel-embel “Viralkan …”Ada yang suka kirim meme doank.Ada yang suka jawab “… googling aja” kalau ditanya.Ada yang suka ngetik satu pesan, tapi panjaaaaaaaaaaaaang.Ada yang suka ngetik pesan panjang, tapi setiap satu kalimat/kata…

Ngopi

Aku dan kamu, suatu hari …. Setelah makan siang, kita ngobrol sambil tiduran di sofa. Kamu: Jadi mau nonton film apa baca buku? Aku: Nonton dulu, habis gitu kita ngopi dan ngeteh di luar. Kamu: Aku gak pengen nonton sebenernya. Pengen baca buku. Aku: Ya udah, kita ngopi di luar sambil baca buku. Kamu: Kita…

Kata-kata dalam bahasa Spanyol yang sering tertukar karena mirip

Dulu saya sering menertawakan salah seorang teman saya dari Jepang yang selalu salah dan tertukar mengucapkan “kambing” dan “kembar”. Saya pun jadi heran, “Ah, masak sih nggak bisa bedain kambing dan kembar, kan cara ngucapinnya aja beda banget.” Dan saya lupa kalau karma itu nyata adanya. Selama tinggal di sini, saya juga menemui banyak sekali…

Korra-korra

Photo by Jennifer Burk on Unsplash Aku dan kamu, suatu hari …. Kamu: Aku mau fregar dulu yah. Eh bahasa Indonesianya fregar apaan?Aku: Cuci piring.Kamu: Apa? Kuchiping??Aku: Cu-ci-pi-ringKamu: Chuchii pirimAku: pi-ring.. ringggggKamu: Ah susah. Kalau basa jawanya apa?Aku: Kora-kora.Kamu: Korra-korra.. itu aja deh lebih gampang. Aku mau korra-korra dulu yah.Aku: …… (terserah deh) -sekian-

Gaya Hidup Saya Berubah Selama di Spanyol

Suatu hari di Andorra, 2018 Sebenarnya komentar beberapa teman saya yang bilang kalau saya tidak berubah setelah tinggal di Spanyol (baca post sebelumnya), kurang tepat. Selama hampir 3 tahun tinggal di Spanyol tentu saja saya berubah. Berikut adalah beberapa perubahan saya yang “signifikan” selama di sini. Sering Masak Ini adalah perubahan saya yang sangat signifikan….